Menuju Adiwiyata, Kuatkan Sinergitas Antarpokja

Diposting pada: 2015-07-30, oleh : Ida Bagus Darmatika, Kategori: Informasi Sekolah

SOROWAKO, INTEGRITY - Memasuki tahun ajaran baru, Tim Adiwiyata SMP YPS Singkole terus berbenah untuk mencapai tujuan, yaitu terbentuknya karakter warga sekolah yang cinta lingkungan.

Menurut Kepala Sekolah, Ibu Mintje L. Manenggek bahwa sekolah masih dalam persiapan. “Jadi pertama yang akan dibentuk adalah karakternya. Bukan karena ada penilai barulah sekolah bersih, tetapi sebelum dan setelahnya dibiarkan kotor kembali. Itu artinya karakter tidak terbentuk karena hanya ingin mendapatkan juara saja,” kata Ibu Mintje, Selasa (7/7).

Sejumlah upaya telah dilakukan, diantaranya adalah penataan kembali rumah hijau (green house), kebun sekolah, kolam, dan pemeliharaan ikan hias. Upaya yang lain yaitu dengan terus mengingatkan warga sekolah untuk menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, ataupun merawat tanaman dan fasilitas yang ada. Sebagai bentuk motivasi sejumlah lomba juga diadakan berkaitan dengan kebersihan. Misalnya lomba penataan taman antarkelas, lomba daur ulang dengan menjadikan sesuatu yang tidak berguna menjadi berguna dan bernilai jual.

Sementara itu, menurut Pak Jupri, selaku Koordinator Tim Adiwiyata, hal yang terpenting juga adalah bagaimana menyinergikan semua kelompok kerja (baca: pokja) yang terdiri dari pokja sarpras, kurikulum, dan kesiswaan.

“Setiap pokja dibagi atau diamanahkan kepada guru. Dan berikutnya dibentuk kelompok-kelompok kecil yang melibatkan siswa,” kata Pak Jupri.

Tujuannya, selain tercipta lingkungan yang bersih juga tertanam karakter siswa yang peduli lingkungan.

“Kami harapkan semua elemen yang terkait dapat bekerjasama dan seluruh pokja dapat berjalan maksimal,” kata Pak Jupri.

“Terwujudnya lingkungan kelas dan sekolah yang bebas sampah serta terciptanya lingkungan sejuk adalah impian kita semua,” kata Pak Jupri. (I)

Reporter: Chindy Euaggelionita


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.ruumit.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Himbauan Informasi