Sastra Daerah dan Tari Bawa Nuasa Baru

Diposting pada: 2015-07-30, oleh : Ida Bagus Darmatika, Kategori: Kegiatan Siswa

Geliat ekstrakurikuler SMP YPS Singkole bakal bertambah seru di tahun ajaran baru dengan hadirnya ekskur Sastra Daerah dan Tari. Keduanya diyakini akan membawa nuansa yang berbeda. Berdasarkan pertimbangan latar belakang, ketersediaan sumber daya manusia, serta tujuan pendiriannya, akhirnya pembentukan kedua ekskur tersebut disepakati melalui rapat Dewan Guru pada Senin (6/7) lalu.

Wakasek Kesiswaan, Pak Ridwan mengungkapkan bahwa dibentuknya kedua ekskur tersebut karena telah memenuhi syarat kriteria pengelolaan. “Sumber dayanya kebetulan sudah ada,” kata Pak Ridwan.

Sastra Daerah akan dibina oleh Ibu Harlina, sedangkan Tari dibina oleh Ibu Ayu Rezky Pratiwi.

Menurut Ibu Harlina, sastra daerah seakan telah terlupakan. Padahal, lanjutnya, hal itu tak ternilai harganya. “Jika bukan kita yang mau melestarikan, maka generasi kita tidak akan mengenal apa itu aksara lontara,” ungkapnya.

Sementara itu, Ibu Ayu Rezky Pratiwi selaku pembina ekskur tari, optimis banyak siswa yang punya bakat menari. “Melalui ekskur ini siswa dapat mengeksplorasi bakat dan juga mengembangkan rasa percaya dirinya,” kata Ibu Ayu.

Kini SMP YPS memiliki tigabelas ekskur. Jumlah ini tentunya memberikan pilihan yang lebih banyak kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya masing-masing. Prosedur pendaftaran tetap sama dengan tahun lalu. Siswa mengisi angket dengan menentukan dua pilihan di antara ekskur akademik atau nonakademik.

Ada tes untuk ekskur akademik. “Jika tidak lolos, pilihan kedualah yang akan diikuti siswa,” kata Pak Ridwan. (I)

Reporter: Andi Mutiara Purnama Ningsih dan Chindy Euaggelionita


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.ruumit.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Himbauan Informasi